Kelas Jawa

Blog tentang Bahasa Jawa, Orang Jawa, dan Informasi Menarik lainnya seputar Jawa.

Senin, 05 Mei 2014

Tari Beskalan Putri Malang, Dari Tarian Tradisional Hingga Tarian Penyambutan

Google Ads

Tari Beskalan adalah tari putri yang tumbuh dan berkembang di daerah jawa timur. Tari Beskalan Putri Malang merupakan salah satu aset kebudayaan seni tari khas kota Malang. Tari Beskalan Putri mulai berkembang pada tahun 1930-an saat kesenian Ludruk berkembang pesat dikawasan ini. Pada jaman dahulu, tarian ini digunakan sebagai tarian yang dipersembahkan kepada leluhur. Tetapi dengan seiring dengan perkembangan jaman, tarian ini berubah fungsi menjadi tarian pembuka acara untuk menyambut tamu.

 Tari Beskalan Putri Malang

tari-beskalan-putri-malang


Sejarah Tari Beskalan

Konon kata "Beskalan" berasal dari kata "Bakalan" yang pada masa lalu dipertunjukkan dijalanan seperti pengamen. Pada mulanya kesenian ini ditarikan oleh laki-laki yang memakai baju perempuan, namun kini sudah banyak perempuan yang menarikan jenis tarian ini.

Makna tari Beskalan


Fungsi tari beskalan


Nilai estetis tari beskalan

Tarian ini sebenarnya hampir serupa dengan Tari Ngremo, dan jenis ngremo putripun (termasuk gaya Beskalan) banyak dikenal diberbagai wilayah di Jawa Timur. Namun yang paling banyak dikenal adalah Ngremo Putri gaya Malangan yang berbeda dengan jenis-jenis Ngremo lainnya.


Properti tari beskalan putri

Dari segi busana, Tari Beskalan Putri atau sering disebut Ngremo Putri Malangan seperti memadukan gaya busana penari Gambyong dengan penari Topeng Malangan, ciri-cirinya adalah sebagai berikut :


Hiasan Kepala

Rambut ditata dengan dipasangi sanggul (cemara) dan dihias dengan cundhuk menthul yang kadang dihias dengan melati.


Busana

Memakai kemben yang dipadu dengan ilat-ilatan, selendangpun juga menjadi hiasan utama karena tarian ini banyak memainkan selendang.


Bawahan

Bawahan penari Beskalan Putri sangat serupa dengan bawahan penari topeng Malangan, ditambah dengan kaus kaki putih (tari-tarian khas belahan Timur Jawa Timur banyak menggunakan kaus kaki putih) dan gongseng (semacam kerincing yang dipasang dikaki berfungsi sebagai ritma saat kaki dihentakkan).


Gerakan Tari Beskalan

Pada dasarnya Beskalan Putri Malangan serupa dengan Ngremo, lincah dan dinamis, namun lebih feminin dikarenakan pencitraan tari yang merupakan tarian perempuan. Anggun namun trengginas.


Musik pengiring

Pada awalnya Beskalan diiringi dengan alat musik sederhana, termasuk diantaranya jidor. Namun kini diiringi gamelan Jawa lengkap dengan laras Slendro yang jadi ciri khas gamelan ala Jawa Timuran.

Google Ads

 
Back To Top